Selalu bersyukur kepadaMu untuk semuanya…

Author Archives: dedelisna

Rencana awal saya dan suami (keinginan saya bgt sebenernya…hehehee), jalan-jalan kita Minggu ini adalah menuju Wonosobo untuk menikmati keindahan gunung Prau yang tertunda sejak sebelum menikah. Ajak Rizal dan teman-temannya dari Bandung menggiurkan karena pas tujuan yang sama dengan keinginan saya. Berangkat malam pukul 21.00 Wib setelah saya pulang kuliah, kita menanti bis terakhir di Cibitung.

Alhamdulillah, bisnya masih ada dan kosong sekali,hanya kurang lebih 20 penumpang.  Enaknya kita bisa tidur rebahan di bangku paling belakang…hehe

Sampai Wonosobo, pagi hari. Langsung kita bertemu teman-teman dari Bandung dirumah mas Andi. Setelah saya dan suami sarapan pagi, istrirahat yang cukup. Ada ajakan dari teman-teman Bandung untuk keliling Dieng, sebelum  kita nanjak gunung Prau.

Yipiiiiee…mari kita ngaprak di kawasan dataran dieng…

Dengan bantuan mas Amiem, Mas Sugeng, Mas Agus kami diajak ke curug Sirawe, mantaaabb…gayanya kita semua sok kuat, trekking menuju ke sana (sok tau,kayak deket aja tuh curug) eh ternyata jaraknya 7 km-an melewati kawasan geothermal dieng…ampuuuuunnn, mamas gendong..hahaha

geothermal dieng

geothermal dieng

Kepulan asap di geothermal

Kepulan asap di geothermal

Kawah Sileri

Kawah Sileri

Sampai di kawasan kawah sileri, tidak banyak pengunjung diobjek wisata ini, dan sepertinya pengunjung tidak diperbolehkan untuk turun ke bawah untuk melihat dari dekat kawah ini. Mungkin berbahaya untuk para pengunjung apabila ada gas beracun dari kawah, untuk itu telah disediakan gardu untuk memandang dari atas.

Dari Kawah Sileri kita menuju desa bhitingan Dieng, ternyata untuk sampe ke Curug Sirawe masi jauh sekali. sampai ke desanya saja penuh perjuangan. trekkingnya pake nanjak-nanjak juga walau di jalan aspal, tetap saja…berasa ciiiyyn pegelnya^_^

jalan menuju desa Bhitingan Dieng

jalan menuju desa Bhitingan Dieng

Sampai di desa Bhitingan, kita numpang menyimpan keril-keril kita dan langsung menuju curug Sirawe, dan ternyata masih cukup panjang perjalanannya. kita perlu melewati perkebunan carica, dan semak-semak yang cukup rindang. walau treknya lebih banyak turunan, tetap saja ini lumayan berat untuk aku *manja…hehehe.. melewati turunan yang cukup curam, akhirnya curuq Sirawe kelihatan juga keindahannya..

Mas Imaem yang sering bolak-balik ke curug ini, melihat saya kecapen langsung menghibur dengan berkata bahwa:

Inilah harta karun tersembunyi di pegunungan dieng…
curug sirawe desa bhitingan dieng….
konon curug sirawe memiliki cerita jika ada yg punya nyali besar untuk loncat dari atas tebing air terjun dengan ketinggian 50m maka begitu sampai bawah anda akan di sambut bidadari bidadari cantik surga….
dan akan di tempatkan di tempat yg paling indah di sisi allah SWT.
nggak percaya silahkan buktikan haha
jalan jalan Men….

Hahahaaaa….teriakannya mas Imaem “Jalan jalan men…” menggema ditempat yang sepi dan terpencil ini.

Curug Sirawe

Curug Sirawe

curug Sirawe

curug Sirawe

Istirahat siang dibawah curug Sirawe ini seakan curug ini hanya milik kami. Tidak ada orang lain selain rombongan kita. curug ini benar-benar tersembunyi dan belum banyak orang yang datang ke sini. selain karena letaknya cukup tersembunyi, belum ada akses jalan yang diorganisir oleh masyarakat desa ini.

Indonesia memang Indah….

Narsis suamiku^_^

Narsis suamiku^_^

with my lope..heheee

with my lope..heheee

Hari mulai sore, kita beranjak kembali ke desa bhitingan, walo rasa enggan. tapi harus…karena kita akan menuju destinasi berikut nya yaitu ke sumur jalatunda.

IMG_3197

sumur Jalatunda

sumur Jalatunda

Sumur Jalatunda yang di ambil dari Cerita Pewayangan yang di sebut sebagai Bumi Sapta Pratala ( Bumi Lapis Tujuh ). Di mana dalam Tokoh Pewayangan seperti Nagagini, Antareja dan Antaboga Bersemayam di dalamnya.

Mitos yang berada di Sumur Raksasa Jalatunda yang konon katanya barang siapa dapat Melempar Batu hingga ke ujung dinding sumur maka, cita- cita atau harapannya akan tercapai

Cerita tersebut juga di awali ketika kita berkunjung menaiki  Anak Tangga yang menuju ke kawasan sumur yang terkadang selisih jumlah sehingga kita harus menghitung kembali sesuai dengan namanya Jalatunda yaitu berasal dari kata Jala dan Tunda

Dan di ibaratkan semua keinginan kita dapat tertunda bila menghitung anak tangga dan melempar batu tidak sampai ke ujung sumur .
Terlepas dari cerita tersebut , Wisatawan akan di suguhi Pemandangan yang indah di sekitar Area Sumur Jalatunda Dieng yang berjarak 7 km dari Objek Wisata inti Di Dieng Plateau .

*dan saya berhasil ganggu suami yang konsen menghitung tangga, saat kita turun dari kawasan sumur Jalatunda… hahahaa (Yah, dede…mas salah ngitung kan..hiks) benarkah tangga disana berjumlah 257 anak tangga?????

truk sayur

truk sayur

Terima kasih pak sopir truk yang telah mengantar kita ke sumur Jalatunda, maklum kita semua dah kecapean dan perlu menyimpan tenaga untuk pendakian gunung Prau nanti malam…

sekian dulu sedikit cerita dan foto ngaprak kita di sekitar Dieng, sampai bertemu di gunung Prau ^_^


Mau pasanganmu sebanding atau tidak sebanding denganmu. Sadarilah, dia adalah hadiah yang Allah berikan untuk menjadi pasangan hidupmu, yang dengannya kau saling menyayangiii…

Berkenalan, lalu mengenal lebih dekat selama 6 bulan kemudian dilamar. itulah proses kita, proses yang kita jalani dan syukuri bersama. lalu tahap itu berlanjut dengan merencanakan pernikahan dengan waktu persiapan 3 bulan. terlalu singkat, tapi masih banyak yang lebih singkat dari proses kita… mereka lebih berani, tapi ini sekali lagi patut kita syukuri… inilah proses kita melangkah ke tangga berikutnya, ke tahap kehidupan baru.

Lamaran berlangsung tepat di hari jadi kota bekasi 10 Maret 2013, diselenggarakan di rumahku…keluarga kita berkumpul dan saling mengenal satu sama lain, teman-teman yang turut bahagia hadir menyaksikan, dan itu sungguh membuat kita bahagia.. tak pernah terpikirkan sebelumnya, 1 tahun yang lalu, kita berkenalan di rumah ini..dan hari ini, kamu melamar aku untuk menjadi pendamping hidup dengan ditandai sebuah cincin pengikat.

IMG_5190

Mama pakein cincin Mamas…

Lamaran

Ibu pakein cincin Dede ^_^

Ya Allah.. semoga dimudahkan semua prosesnya, baik sebelum akad, saat akad, dan setelah akad. Semoga Allah SWT juga senantiasa memberkahi pernikahannya dan senantiasa mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan. Amin

Setelah selesai proses lamaran, kita fokus mempersiapkan untuk prosesi akad. setelah keluarga Mama-Papa berunding dengan keluarga Mamas, dirumahnya mamas di Lubangbuaya. Keluarga menetapkan tanggal pernikahan kita 08 Juni 2013.

Ribetnya ngurus semua keperluan untuk perkawinan, kita jalanin bersama…keluargaku dan keluarga Mamas turut membantu semuanya. dari urusan A-Z nya…Alhamdulillah, semuanya lancar….

Akad..tsaaahhh ^_^

Pamer cincin..heheee

Pamer cincin..heheee

Alhamdulillah, kita telah menjadi suami-istri… ditutup dengan doa yang khusyu dan ucapan rasa syukur… Mohon doa restu dari Orangtua sejak pertama kita ingin melanjutkan hubungan indah ini, hingga sekarang kita masih tak lepas untuk meminta doa mereka. sediih…bahagia…campur menjadi satu. terharu, apalagi melihat papa yang menangis saat memberikan ijin nikah.

Ya Allah, pada hari ini Engkau telah mengutus dia untuk ku,
maka jadikanlah ia sebagai pendamping hidup yang terbaik untukku..
berikan padanya kesanggupan untuk menuju hidup penuh Rahmat-Mu
dan berikan padaku pula kemampuan untuk menjadi pelita gelap langkah menuju jalan-Mu…

Hari ini kami berikrar janji dengan menyebut nama-Mu Ya Robbi,
ikat dan kuatkanlah perjalanan kami dengan iman dihati…
sepasang hati yang telah engkau takdirkan untuk bersatu ini,

hari ini disini…
penuhi seruan-Mu lengkapi Dien yang suci
menjawab Sunnah untuk kehormatan kami,
himpunlah kami dalam biduk yang sakinah, mawadah,warahmah..
anugrahi kami buah cinta yang sholeh dan sholehah…

Jadikan kami suami & Istri yang saling mencintai dikala dekat saling menjaga kehormatan dikala jauh,
saling menghibur dalam kebaikan dan ketaqwaan
serta saling menyempurnakan dalam peribadatan… Amiin

Narsiiisss Kami *_*

Narsiiisss Kami *_*

Saat resepsi, kami mengusung tema betawi dengan warna favoritku merah dan Gold (menyamarkan warna favorit Kuning…hehehe)…alhasil, aku memilih baju pengantin dengan 2 kombinasi warna merah-gold dengan riasannya menggunakan adat betawa, dan untuk malamnya aku pilih warna yang berbeda yaitu biru, agar berbeda sedikit dan nanti di album foto lebih berwarna (panjaaaang bouuw, mikirnya…) dengan riasan sedikit tema jawa dan nasional.

Gayaaa bebaaass..

Gayaaa bebaaass..

Bersyukur pada-Mu Ya Rabb… atas hadiah ini, kita yang telah menjadi sepasang melengkapi kehidupan dengan selalu dekat dengan-Mu..semoga kami selalu dalam kebaikan..

Terima kasih pada kedua orang tua kami yang telah membesarkan kami, yang sabar mendidik, merawat kami hingga besar dan sekarang saatnya kami membangun keluarga baru…keluarga kecil yang selalu akan belajar dengan melihat keluarga yang kalian bangun selama ini…

ortu plus adeku yg ganteng...

ortu plus adeku yg ganteng…

Terima kasih keluarga besar, Kakak, adik kami tercinta yang telah memberikan dukungan sebagai saudara yang penuh kasih sayang dan kebersamaan… yang semakin membuat kami sadar akan arti cinta seorang saudara… *lebay

Kakak" tercinta...

Kakak” tercinta…

Kaka with krucil tersayang,...

Kaka with krucil tersayang,…

Semua doa dan kehadiran keluarga, teman-teman kita…huaaaa,,,,senang nya tak tergantikan.
Doa terbaik kami juga untuk kalian semua… Amin

 


Attention!! 02 Oktober 2013, adalah hari Batik Nasional! mari kita bangga dan senang dengan warisan dan seni budaya Indonesia yang telah diakui dunia internasional. Jangan lupa pakai BATIK kebanggaan dan paling stylish yah… Happy Batik Day!! Love Indonesia….

Kesukaan saya dengan batik dan kebaya, terbawa hingga dipuncak gunung, yah…kebaya dan batik menyusup masuk sampai dihoby mendaki gunung…terkesan maksa, ribet dan mungkin ada yang bilang lebay…tapi saya suka merayakan dan memberikan hadiah pada diri saya sendiri atas kesabaran menahan rasa lelah, capek, hingga saya kuat sampai puncak ketinggian dengan penuh semangat. saya memberi hadiah dengan foto narsis dengan kostum andalan, KEBAYA dan BATIK…so sweeeeetttttt…..hehehee

Ini adalah narsis saya saat menikmati Indahnya puncak Rengganis Gunung Argopuro saat menjelang sunset, saat pendakian ini saya ditemani mbah ‘tepe’ yang menerima hasutan saya tuk bawa kemeja BATIK…alhasil, kita berdua bisa narsis bareng dan kompak…dan semua orang dipuncak saat itu berkomentar,komentar yang suka, mungkin iri atau mungkin beranggapan kita berlebihan. tapi kita tetap begayaaaa kawan…hahahaa

Lisna

Puncak Rengganis, Gn. Argopuro

pose with Mbah Tepe, Puncak Rengganis...

pose with Mbah Tepe, Puncak Rengganis…

Saat hari Kartini, saya dan Suci juga janjian berkebaya dan BATik di puncak…kesannya lucu aja,kebiasaan saya ini. biarlah orang lain berkomentar… sing penting saya, sukaaaaaaa… i love Kebaya en Batik!

Puncak Cermai

Puncak Cermai
with Suci, Hari Kartini..Tetap Cantik dengan KEbaya dan Kain Batik!!!!

with Suci, Hari Kartini..Tetap Cantik dengan KEbaya dan Kain Batik!!!!

Kostum andalan ini senantiasa menemani saya untuk foto-foto narsis di ketinggian,.. dan kadang agar lebih rame, saya suka ajak teman-teman lainnya untuk bawa BATIK dan Kebaya (girls only). ini adalah moment saat saya, dina dan suci nanjak bareng gunung Sindoro dan mereka saya racuni untuk bawa kostum andalan seperti saya…hihiiiihiii

AB3..nyasar dipuncak Sindoro :)

AB3..nyasar dipuncak Sindoro 🙂

cuaca cerah,tambah narsis deh ^_^

cuaca cerah,tambah narsis deh ^_^

Cara setiap orang mengekspresikan sesuatu memang berbeda-beda…inilah gaya saya. disetiap nanjak selalu menyiapkan kain batik dan kebaya 🙂

Saya:Petualang 24

Saya:Petualang 24

Mandalawangi, Gn.Pangrango

Mandalawangi, Gn.Pangrango

Terakhir itu, adalah foto di antara bunga edelweis di Mandalawangi gunung Pangrango. saat saya ikut kemping ceria bersama teman-teman Petualang 24.

Makasi ya tuk teman-teman yang sudah menemani saya menikmati keindahan ciptaanMu dan bersedia mengambil gambar saya yang senantiasa narsis…hahaha

Smoga kita diberikan umur panjang,sehat serta rejeki yang cukup… agar bisa senantiasa dapat menikmati keindahanNya dan tak lupa untuk selalu bersyukur….

Amiiiiin….


Saya suka dengan tulisan ini, karena ada makna yang bisa diambil tuk kehidupan…

“Kesempatan dan pilihan”…

Bertemu adalah kesempatan.

Mencintai adalah pilihan.

Ketika kita bertemu orang yang tepat untuk dicintai. ketika berada di tempat pada saat yang tepat. itulah kesempatan.

Ketika kita bertemu dengan seseorang yang membuatmu tertarik, itu bukan pilihan, itu kesempatan..

Bertemu dalam suatu peristiwa bukanlah pilihan, itupun adalah kesempatan..

Bila kita memutuskan untuk mencintai orang tersebut, bahkan dengan segala kekurangannya, itu bukan kesempatan, itu adalah pilihan…

Ketika kita memilih bersama dengan seseorang walaupun apapun yang terjadi, bahkan ketika kita menyadari bahwa masih banyak orang lain yang lebih menarik, lebih pandai, lebih kaya, daripada pasanganmu, dan tetap memilih untuk mencintainya, itulah pilihan…

Perasaan cinta, simpatik, tertarik, datang bagai kesempatan pada kita. Tetapi cinta sejati yang abadai adalah pilihan… pilihan yang kita lakukan…

Berbicara tentang pasangan jiwa. Ada suatu kutipan yang mungkin sangat tepat :

” … Nasib membawa kita bersama, tetapi tetap bergantung pada kitabagaimana membuat semuanya berhasil…”

Pasangan jiwa bisa benar-benar ada. Dan bahkan sangat mungkin ada seseorang yang diciptakan hanya untukmu…

Tetapi tetap berpulang padamu, untuk melakukan pilihan apakah engkau ingin melakukan sesuatu untuk mendapatkannya atau tidak….

Kita mungkin kebetulan bertemu pasangan jiwa kita, tetapi mencintai dan tetap bersama pasangan jiwa kita, adalah pilihan yang harus kita lakukan…

Kita ada di dunia bukan untuk mencari seseorang yang sempurna untuk dicintai, TETAPI untuk… Belajar mencintai orang yang tidak sempurna, dengan cara yang sempurna…

Bagaimanapun, takdir TAKKAN pernah tertukar, percayalah padaNya 🙂


Evolusi merupakan perubahan yang sangat cepat dalam perkembangan organisasi dengan memberikan inovasi baru dalam bentuk keunggulan-keunggulan dan keunikan-keunikan dari perkembangan awal sampai perkembangan yang paling mutakhir dalam teori organisasi. Evolusi atau perkembangan teori organisasi memunculkan berbagai macam pendekatan-pendekatan yang masing-masing dipengaruhi oleh cara yang digunakan untuk meninjau masalah organisasi. Keseluruhan pendekatan ini bisa dikelompokan menjadi tiga aliran utama, yaitu:

  1. Pendekatan teori klasik,
  2. Pendekatan neo-klasik
  3. Pendekatan Modern

soal-jawab Teori Organisasi

1.        Berikan analisis pendekatan manakah yang lebih sesuai diterapkan pada perkembangan teori organisasi saat ini?

Berdasarkan teori organisasi yang telah dibeberkan diatas kiranya ada sedikit kesulitan untuk menentukan teori organisasi yang banyak dipakai di indonesia. Namun secara kasat mata bahwa organisasi – organisasi di Indonesia saat ini banyak dipengaruhi oleh teori organisasi modern. Organisasi di indonesia tidak menekankan analisis dan deskripsi sendiri – sendiri. Selain itu konsep dinamis, horizontal dan multidimensi yang ditunjukan sebagian organisasi di Indonesia semakin memperkuat pandangan bahwa teori organisasi yang diterapkan di Indonesia lebih banyak dipengaruhi oleh teori organisasi modern.  Teori ini muncul pada tahun 1950 sebagai akibat ketidakpuasan dua teori sebelumnya yaitu klasik dan neoklasik. Teori Modern sering disebut dengan teori “Analisa Sistem” atau “Teori Terbuka” yang memadukan antara teori klasik dan neoklasik.

Teori Organisasi Modern melihat bahwa semua unsur organisasi sebagai satu kesatuan  yang saling bergantung dan tidak bisa dipisahkan. Organisasi bukan system tertutup yang berkaitan dengan lingkungan yang stabil akan tetapi organisasi merupakan system terbuka yang berkaitan dengan lingkungan dan apabila ingin survivel atau dapat bertahan hidup maka ia harus bisa beradaptasi dengan lingkungan.

2.  Carilah keunggulan dan kelemahan dari setiap evolusi teori organisasi yang anda   ketahui !

a)  Teori organisais klasik

 Keunggulan :

  • Memiliki penggunaan disiplin, aturan dan supervisi ketat untuk mengubah organisasi-organisasi agar beroperasi lebih efisien.
  • Memiliki Organisasi yang secara umum digambarkan oleh para teoritisi klasik sebagai sangat tersentralisasi, dan tugas-tugasnya terspesialisasi.
  • Pembagian kerja yang terarah dapat memberikan pengaruh positif terhadap kecakapan dan keahlian pekerja yang bertambah karena seorang pekerja bekerja terus-menerus dalam tugasnya.

 

Kelemahan :

  • Dalam teori ini biasanya terjadi masalah pada pengorganisasian yang tidak tepat yang dapat dilihat dari refleksi struktur yg tidak tepat dan ini dapat menyebabkan efisiensi dan efektif kerja yang ada di perusahaan itu menjadi tidak produktif.
  • Banyaknya waktu yang terbuang bila seseorang pindah dari pekerjaan ke pekerjaan lain dan orang tersebut harus menyesuaikan kembali pada pekerjaan barunya sehingga akan menghambat kemajuan dan keterampilan pekerja, untuk itu diperlukan spesialisasi dalam pekerjaannya.

b) Teori organisasi Neoklasik          

Keunggulan :

  • Menekankan hubungan informal dan motivasi-motivasi non ekonomis yang beroperasi di dalam organisasi.
  • Manajemen dapat merancang hubungan dan peraturan yang formal dan sebagainya, namun diciptakan juga pola hubungan status, norma, dan hubungan informal yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan sosial para anggota organisasi.
  • Memiliki perspektif sistem kerjasama dalam karyanya, menjadi pijakan bagi organisasi yang dibangun dan memotivasi para manajer dalam organisasi dalam berusaha agar tidak gagal dalam sistem kerjasama.
  • Titik tekanan teori neoklasik ini yaitu pada dua elemen pokok dalam organisasi, yaitu perilaku individu dan kelompok pekerja.

Kelemahan :

  • Sejak pembagian kerja dilakukan, timbul masalah yang disebut anomie. Anomie adalah situasi dimana pedoman kerja tidak ada dan disiplin diri menjadi kurang.
  • Neoklasik menyatakan bahwa kapasitas dan kekuasaan tak dapat dikompensasikan, karena bukan merupakan satu-satunya hubungan.
  • Tentang struktur irganisasi, teori neoklasik menyatakan bahwa struktur merupakan penyebab terjadinya pergeseran-pergeseran (frictions) internal di antara orang-orang yang melaksanakan fungsi yang berbeda-beda.
  • Hubungan interaksi antara manajer dan bawahan yang perlu dibina ,jika tidak dilakukan akan berpengaruh pada moral dan efisiensi kerja yang akan memburuk dan hubungan manusiawi dalam organisasi jiga memburuk.

c) Teori organisasi Modern

Keunggulan

  • Teori modern memiliki multidisiplin dengan sumbangan dari berbagai bidang disiplin ilmu pengetahuan.
  • Teori modern bisa disebut sebagai teori organisasi dan manajemen yang memadukan teori klasik dan neoklasik dengan konsep-konsep yang lebih maju.
  • Teori modern menyebutkan bahwa kerja suatu organisasi adalah sangat kompeleks, dinamis, multilevel, multidimensional, multivariabel, dan probabilistic.
  • sedangkan Teori Modern menekankan pada perpaduan & perancangan sehingga terlihat lebih menyeluruh.

Kelemahan

  • teori ini organisasi bukan system tertutup yang berkaitan dengan lingkungan yang stabil akan tetapi organisasi merupakan system terbuka yang berkaitan dengan lingkunngan dan apabila ingin survivel atau dapat bertahan hidup maka ia harus bisa beradaptasi dengan lingkungan.

3. Berikan alasan kenapa setiap perkembangan teori organisasi mengandung inovasi yang diupayakan berbeda dengan teori sebelumnya?

Berbicara mengenai perubahan dalam organisasi berarti menyangkut pengembangan organisasi. Pengembangan organisasi berhubungan dengan suatu strategi, sistem, proses-proses guna menimbulkan perubahan organisasi sesuai dengan rencana, sebagai suatu alat guna menghadapi situasi-situasi yang berubah yang dihadapi oleh organisasi modern dan yang berupaya untuk menyesuaikan diri (mengadaptasi) dengan lingkungan mereka.

Organisasi mengalami perubahan karena organisasi selalu menghadapi berbagai macam tuntutan kebutuhan. Tuntutan itu timbul sebagai akibat pengaruh lingkungan (eksternaldan internal) organisasi yang selalu berubah.Untuk menghadapi faktor penyebab perubahan tersebut, organisasi harus dapat menyesuaikan diri dengan pengadakan berbagai perubahan dalam dirinya. Perubahan-perubahan itu tentunya ke arah pengembangan organisasi yang lebih baik.

Tujuan perubahan organisasi adalah meningkatkan efisiensi dan produktivitas, meningkatkan kemampuan organisasi dalam menghadapi berbagai faktor yang menyebabkan perubahan organisasi sehingga organisasi mampu bertahan dan berkembang, mengadakan penyesuaian-penyesuaian seperlunya sehubungan dengan perubahan-perubahan tersebut, untuk mengendalikan, khususnya dalam mengendalikan suasana kerja, sehingga anggota organisasi tidak terpengaruhi atas perubahan-perubahan yang sedang berlangsung dan meningkatkan peran organisasi dalam menghadapi perubahan-perubahan yang sedang terjadi atau berlangsung.

4. Dengan memahami perkembangan teori organisasi, manfaat apakah yang dapat diambil dalam kajian ilmiah?

Dengan memahami perkembangan teori organisasi, kita dapat menghadapi perkembangan hidup yang sangat pesat, karena semua itu membutuhkan teori organisasi yang baik. Ketika manusia sudah semakin maju dan banyak hal yang harus diurus, tentu kebutuhan pokoknya adalah organisasi yang baik.

Dalam mengantisipasi masa depan yang penuh ketidakpastian, organisasi yang belajar meskipun tetap menghadapi ketidakpastian namun dapat lebih siap dan terbuka menghadapi apapun yang terjadi didepannya. Dapat melihat unsur organisasi sebagai suatu kesatuan dan saling ketergantungan.

Pertumbuhkembangan IPTEK, sosial, ekonomi, dan lingkungan menimbulkan permasalan yang harus dihadapi organisasi menjadi semakin luas dan kompleks. Permasalahan tersebut terus berkembang sesuai percepatan perubahan yang terjadi.

Situasi yang terjadi menjadikan pembelajaran bahwa permasalahan tidak tumbuh secara linier, dimana banyak seklai hal-hal yang tidak pernah diduga sebelumnya. Dengan demikian organisasi dituntut untuk terus menerus mempersiapkan dirinya mengantisipasi dan menyesuaikan diri dengan perubahan. Pengalaman yang dialami berbagai organisasi di Negara maju menunjukkan bahwa hanya organisasi yang secara konsisten terus meningkatkan dirinya melalui pengembangan organisasi yang dapat bertahan.

Dalam kenyataannya organisasi seringkali terjadi keadaan yang tidak mengalami pertumbuhan yang disebabkan keengganan manusia untuk mengikuti perubahan, dimana perubahan dianggap bisa menyebabkan dis equilibrium (hilangnya keseimbangan moral). Hal ini mengakibatkan penyakit masyarakat atau tindakan yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam organisasi sehingga perlu dilakukan pengembangan organisasi untuk melakukan evaluasi, adaptasi, kaderisasi dan inovasi. Pengembangan organisasi merupakan proses terencana untuk mengembangkan kemampuan organisasi dalam kondisi dan tuntutan lingkungan yang selalu berubah, sehingga dapat mencapai kinerja yang optimal yang dilaksanakan oleh seluruh anggota organisasi. Pengembangan Organisasi merupakan program yang berusaha meningkatkan efektivitas keorganisasian dengan mengintegrasikan keinginan individu akan pertumbuhan dan perkembangan dengan tujuan keorganisasian.

 


 

Sebetulnya pendakian ini diluar rencana saya, rencana awalnya saya dan empat teman kuliah dulu, ingin menikmati liburan bersama di Bali. Tapi mendekati  waktunya, justru 2 teman saya urungkan niat untuk liburan karena satu alasan.

Well, saya dan seorang teman yang tersisa. Karena situasi yang tidak enak karena pembatalan mendadak itu, tadinya saya berniat untuk membatalkan rencana liburan ini. Tapi sayang dan terlanjur tak enak hati dengan teman saya Dwi Mawartina yang belum pernah ke Bali. Ingin sekali pergi kesana, dan tetap ingin pergi walau kami hanya berdua. Saya memutar semua rencana awal, penginapan dan rental mobil yang sudah dibooking, terpaksa saya cancel. Semua destinasi menjadi berubah, sampai gaya liburannya, awalnya ingin liburan cantik gaya feminim dengan busana rok plus topi pantainya berubah menjadi gaya ransel dengan motor dan tentu saja maskulin.

Sehari sebelum keberangkatan saya mengontak dwi, bahwa saya tetap mau berlibur ke Bali. Tapi saya mau hiking ke gunung yang ada di Bali yaitu gunung Agung atau gunung Batur. Kesibukan saya sehari itu diisi dengan mencari informasi tentang hiking, tentu saja hiking yang bisa saya lakukan sendiri atau minimal saya bisa mendapatkan teman seperjalanan yang ingin hiking ke salah satu gunung tersebut. Karena saya tahu , teman saya Dwi tidak pernah melakukan kegiatan hiking dan saya tak berani ambil resiko bila mengikut sertakannya dalam misi saya ini…

Berangkat dari Jakarta pukul 17.35 menuju Bali, sampai di Bali pukul 21.15 karena delay. Karena saya membatalkan penginapan, otomatis sampai diBali belum punya tempat tuk menginap. Keluar bandara, langsung menuju loket taksi dan minta diantar ke jl. Poppies II Gang 1 # 3A. Menginap di kawasan itu untuk malam pertama, di losmen Arthawan telp (0361) 752913 tarifnya Rp 90.000/night. Losmennya lumayan bersih, 2 bed plus sarapan roti telur atau pancake pisang plus the manis atau kopi.

Paginya saya rental motor mio di Arthawan dengan tariff Rp 50.000/day. Sewa untuk 4 hari dibayar dimuka Rp 200.000,- dan menitipkan biodata KTP. Dengan ransel yang lumayan diselipkan didepan pas posisi kaki, sedangkan Dwi yang sudah saya instruksikan pakai ransel ternyata masi pakai tas model selempang (cwe bgt). Sedikit merepotkan!!!

Rute Hari pertama: dari Poppies lane II menuju pantai Kuta, lanjut ke sanur terus ke pasar sukowati dan terus ke ubud menuju museum Antonio Blanco, Goa Gajah, lanjut ke Tampak siring dan destinasi terakhir adalah ke Batur.

Balik lagi ke cerita utamanya, Sampai di desa Toya Bungkah. Menginap di hotel Surya dengan tariff Rp 100.000/night, didepan hotel viewnya adalah Danau Batur. Dipenginapan banyak porter/guide yang menawarkan jasanya tuk pendakian Gn. Batur, dengan tariff yang relative mahal walau masi bisa ditawar.

Pagi, pukul 03.00 WITA saya dibangunkan oleh telp Made, guide yang akan menemani saya. Dijemput dengan kendaraan bermotornya di depan hotel, saya langsung menuju start pendakian. Untuk pendakian ini saya melalui jalur Pura Jati, salah satu pura terbesar di kawasan ini. Disini banyak berkumpul guide yang menawarkan jasanya antara Rp 150.000 – Rp 350.000, harga masi bisa tawar menawar. Karena saya pergi dengan Made, jd tidak perlu lagi menggunakan pemandu..walo sebenernya saya tetap memberinya Rp 150.000,- tuk jasanya menjemput dan menemani saya hiking. Dari sekian banyak tamu yang ingin hiking ke Gn. Batur, hanya saya saja yang tamu local alias dari Indonesia. Selebihnya turis mancanegara.

Ternyata pagi itu, cukup banyak tamu yang ingin menyaksikan sunrise di puncak gn. Batur. Lebih dari 50 tamu ada pagi itu. Rata-rata mereka berkelompok, minimal 2 tamu satu guide. Dari informasi yang saya dapat pagi itu, ternyata ada paket tour yang disediakan dari hotel-hotel yang ada di Batur, denpasar, atau bahkan Kuta. Paket tour ini harganya beragam mulai dari 1 kali trip Rp 520.000 / org dengan fasilitas: transfer dari dan ke hotel, guide, bekal diperjalanan (air mineral,buah pisang), tiket masuk objek air panas dan makan siang. Ada paket yang lebih mahal lagi yaitu dengan ditambah fasilitas penginapan, bisa mencapai Rp 750.000/org .

Gambar

Jalur pendakian ternyata tidak membingungkan dan cukup jelas. Lintasan dalam pendakian ini terdiri dari pasir dan bebatuan. Dari titik awal pendakian ke puncak ± 2,5 jam. Aktifitas hiking ini menurut saya mengasikkan dan membuat kita lebih dekat dengan alam. Lebih lagi gunungnya cukup nyaman untuk didaki, dengan cuaca yang tidak terlalu dingin. Kita bisa mengatur nafas setiap kali dengan teratur. Bila tidak membawa bekal, masi tertolong dengan keberadaan warung di pinggangan gunung. Ada 3 Warung di titik pinggangan berbeda dan harga makanan serta minuman yang tentu saja lebih mahal dari harga seharusnya. Dengan info yang sudah saya dapet, pagi itu saya bawa daypack berisi air mineral, roti sobek dan madurasa. Perlengkapan lain seperti headlamp dan raincoat juga wajib dibawa saat kita memulai aktifitas ini.

Gambar

Berbaur dengan bule-bule, malah jd ngrasa paling aneh sendiri. hanya saya yang muslim dan menunaikan sholat shubuh pagi itu. Kenapa ga ada sama sekali pendaki lokal sih??? akhirnya porter-porter menemani saya dan bercerita banyak tentang Batur sampai profesi mereka, berhubung saya sudah berjanji dengan made bahwa dia adalah teman, bukan porter saya..saat mereka tanya tentang made saya jawab seperti yang sudah disepakati.

setelah menikmati sunrise, kita melipir menuruni gunung batur. melewati satu warung dipuncak, terdapat lubang yang berasap dan panas. Salah satu porter, ada yang merebus telor hingga matang dari lubang tersebut. Dan tentu saja antusias kita semua untuk melihat telor itu.

Karena ingat saya meninggalkan Dwi sendiri di penginapan, saya langsung turun lebih cepat. tentu saja setelah puas mengambil gambar keindahan gunung Batur.

IMG_6487

Difoto oleh porter 'Made'

Difoto oleh porter ‘Made’


Dengan biaya Rp 325.000 ,- akhirnya saya putuskan untuk gabung di Trip Krakatau bersama Yan Bachtiar dan Pram. Setelah dua kali gagal ikut trip ini dengan teman-teman sebelumnya..hiks

Akhirnya, 16-17 September 2011 saya bisa menjejakkan kaki di Anak Krakatau, Lampung seneng banget, impian yang tertunda begitu lama tercapai sudah…

Janjian dengan Yan Bachtiar di halte Busway komdak menuju Grogol, saya berangkat dari Bekasi menuju komdak, dan makan malam dulu di Plaza Semanggi bertemu Uni wiwik, Dwie Bayu, Timbul, Lenggo, Bruce, Uwii tukeran foto ngtrip Argopuro dan merancang ngtrip selanjutnya..

Pukul 21.00 WIB, saya cabut dari Plangi dan menuju halte Busway bersama Uwii..Uwii yang naik Busway ke Cawang berpisah digerbang Busway…ternyata, ye be dan Pram sudah menanti disana bersama Teguh, Lia, Dini dan imel..(dapet lg kenalan baru). Saat di Busway kita bertemu dengan Deasy tamani…kebetulan sekali,..hehe

Sampai di Grogol kita langsung naik Bus menuju Merak, sayang sekali kita kurang beruntung..karena harusnya bus ini ada fasilitas AC nya…tapi sepertinya rusak,,hingga bisa dibayangkan bagaimana perjalanan kami malam ini menuju Merak…wekksss,gerah pisan!!!

Walau gerah aka panas, kita berusaha untuk tidur sebentar..sampai di Merak tengah malam, dan langsung menuju Dunkin donat, tempat janjian berkumpul dengan peserta lainnya. Berhubung saya belum menunaikan sholat isya…sholat dlu lah saya di pelabuhan Merak sebelum naik ke kapal.

Berdoa semoga selamat sampai tujuan dan kembali berkumpul bersama dengan keluarga tercinta…amin.

Yups, setelah sholat Isya..saya bertemu dengan peserta lainnya 18 orang peserta sudah terkumpul…banyak juga rombongan-rombongan lainnya yang akan menuju Bakaheuni dan sepertinya memiliki tujuan yang sama dengan kami…yaitu menuju Anak Krakatau..hmmmm…menikmati liburan yang terbatas hanya disaat weekend saja. Walaupun singkat, waktu itu sangat berharga bagi saya yang sudah tidak bisa lagi pergi berhari-hari bahkan berminggu-minggu…cutipun sudah tak punya.

Dengan membayar Rp 11.500,- kita bisa menyebrang ke Bakaheuni dengan Kapal yang telah disediakan, saying sekali, kita belum beruntung kali ini…dapet Kapal yang tidak terlalu bagus, kita membeli Koran untuk tidor ngemper di dek kapal..beuh, anginnya ga tahan euy…dingin ternyata tidur diluar tuh!!!untung smuanya siap dengan jaket..serasa mudik nih jadinyaJ walo ga terlalu bagus Kapalnya, tapi masi lumayan lah dengan berlayar tepat waktu pukul 02.30 WIB kita sudah sampai Bakaheuni dan langsung menuju dermaga canti dengan mobil angkutan umum yang sudah dicarter oleh TL Tika. Dengan 2 mobil angkot kita berangkat ke Canti, melanjutkan tidur kembali selama perjalanan.

Sampai di dermaga Canti, masi ada waktu untuk menunaikan ibadah sholat Shubuh, lanjut sarapan walau belum lapar…dipaksakan untuk masuk nasi, karena kita akan berlayar kembali menuju Pulau sebuku kecil…setelah sarapan, ternyata teman-teman dari Lampung belum dating juga…akhirnya, kita habisakan waktu dengan bersantai dan foto-foto sambil mengakrabkan diri dengan perserta lainnya..maklum, saya termasuk lama kalo menghafal nama org…hehe. Akhirnya, 7 orang yang dari Lampung dating juga…ooh,kejutan diantara mereka ternyata ada Joki Purba, teman ngtrip yang sekarang tinggal di Lampung karena pekerjaannya di PLN Lampung. Lengkaplah sudah peserta Trip Krakatau ini sekarang… dan lanjutlah kita menuju pulau Sebuku kecil dan pulau Sabesi.

Sampai di pulau Sebuku Kecil..beuh, sya belum ganti pakaian renang niiih…dan parahnya ga ada toilet dikapal ini…huaaaaa, ribet bin rusuh nih gantinya…sebel…sebel..jadi lama kan..

Ternyata yang ganti pakaian renang, hanya saya, imel, lia sementara yang lain ga turun tuk snorkelingan…huek,,ngapain maen ke pantai tanpa menikmati bawah lautnya….rugi banget!!!kalo menurut saya…hehehe. Mereka main di pantainya aja…hihihi

Hmm…saya seneng banget ternyata masi diberi kesempatan nikmati keindahan laut…setelah terakhir bulan April lalu ke Bali, tapi ga basah-basahan sama sekali…malah ke gunung Batur..hehe…saya merasa bahagia bangetJ

Selesai main air dipulau ini kita melanjutkan perjalanan menuju Pulau Sabesi tuk makan siang dan bersih-bersih istirahat, sholat dzuhur… untuk trip ini ternyata, kita menginap di homestay pulau sabesi, jadi bisa membaur dengan masyarakat setempat. Hmm..kampungnya masi sepi, panas, dan gersang tapi banyak pohon mangga disini, sayang mangga nya belum ada yang matengJ selesai mandi, sholat kita menuju aula depan dekat dermaga untuk makan siang…berkumpul dengan rombongan lainnya yang menginap dipenginapan depan.. selesai makan, istirahat sebentar karena sorenya kita mau hoping island sambil snorkeling ke pulau umang-umang dan mengejar sunset…sayang arusnya sedang kenceng, jd ga terlalu menikmati snorkeling di Pulau Umang.

Sampai pulau Sabesi sudah gelap, saya cepat-cepat menuju homestay tuk mandi baru makan malam malam di aula..untung saya sudah siap headlamp, jadi ada penerangan dari homestay menuju aula…hehe. Yang menyebalkan adalah, saya harus kehilangan sendok-garpu komplit yang baru dibeli dan dipakai di Argopuro..hiksss

Pagi, pukul 03.00 WIB Bersama 25 orang lainnya kita menuju anak Krakatau, masi ngantuk banget…melanjutkan tidor selama perjalanan adalah cara aman mengatasi angin laut yang bisa bikin mual dan jackpot…hmm, banyak cerita dari teman yang mengalami jackpot selama menuju anak Krakatau…yupss,,selama perjalanan ini akhirnya saya melihat sendiri banyak teman yang muntah..** amin yang tidur ditengah tiba-tiba aja langsung tengkurap dikaki kita yang tidur,,tuk muntah. Walhasil tas snorkel sya kena deh..hiks *tega nian… buka mata liat banyak yang muntah, saya putuskan tuk tidur kembali menutup mata, hidung dan menahan mual agar tidak tertular dengan yang muntah…sugesti, kalo liat org muntah bisa ketularan…hehehe

Sampai di Anak Krakatau sudah pagi..sunrise pun tertutup awan…sayang sekali, tanpa mengurangi kebahagiaan saya langsung foto-foto di pinggir pantai dengan pasir hitam alami anak Krakatau,,hihihi tetep narsis…sementara yang lain masi istirahat, yang muntah selama di kapal menenangkan diri dlu..hahaha. belum bisa tersenyumJ

Setelah dirasakan cukup istirahat, dan mendapat info serta arahan dari ranger atau guide selama pendakian ke anak Krakatau agar tidak berpisah atau memisahkan diri dari rombongan, karena bisa tersesat…kita semua semangat menuju Anak Krakatau…

Yipiiieee, foto-foto dulu di plang nama Taman Nasional Krakatau…lanjut jalan..berbekal air minum dan snack yang telah saya siapkan sebelumnya dengan tas mungil karrimor, saya berjalan santai menapaki pasir demi pasir yang menyiksa…seperti tak sampai sampai…walau pasir disini lebih halus tapi tetap saja menguras tenaga kita semua…nikmati kawan..jangan mengeluh..inilah seni nanjak ke anak Krakatau.

Finaly,walau cape…sampailah saya di didataran yang aman untuk memandang aktifitas anak gunung Krakatau yang masi aktif ini…buncahan belerang tanda gunung ini masi aktif begitu jelas terlihat..sungguh besar kuasa-MU Ya Rabb…terima kasih saya masi diberikan kesempatan untu melihat semua ini dan belajar betapa besar kuasa-Mu agar saya selalu ingat pada Mu..ga boleh sombong, harus slalu mengingat Mu dimanapun kita berada…

Makasi tuk teman trip Krakatau ini…kalian telah menambah cerita dalam hidupku…semoga kita bisa ngtrip bareng lagi…amin.

Berikut Itenerary kita selama Trip Anak Krakatau :

Jum’at, 16 September 2011

21.00 – 21.30 WIB = Meeting point di KP. Rambutan (atau langsung Pelabuhan Merak Banten)

22.00 – 24.00 WIB = Perjalanan menuju Pelabuhan Merak Banten

Sabtu, 17 September 2011

00.0    – 02.00 WIB = Menikmati selat Sunda di malam hari untuk menuju pelabuhan Bakauheni Lampung

02.00 – 04.00 WIB = sesampainya di Bakauheni nyambung lagi ke pelabuhan Canti dengan angkot, kita carter angkot

05.00 – 07.00 WIB = Sholat shubuh dan dilanjutkan menuju perjalanan ke pulau Sebuku kecil

07.00 – 10.00 WIB = Sarapan +explore sebuku kecil (foto & snorkeling)

10.30 –  12.00 WIB = Lanjut ke pulau Sebesi (simpan tas & istirahat sejenak).

12.00 – 14.00 WIB = Istirahat + makan siang

15.00 – 17.30 WIB = Explore pulau umang sekaligus nunggu sunseat

17.30 – 18.30 WIB = Kembali ke Pulau Sabesi

18.30 – 03.00 WIB = Makan malam & acara bebas.

Minggu, 18 September 2011

03.00 WIB                      = Bangun tidur & prepare menuju anak Krakatau

03.30 – 05.30 WIB       = Menuju Anak Krakatau

05.30 – 07.30 WIB       = Explore anak Krakatau

08.00 – 10.00 WIB       = lanjut ke lagoen cabe ..snorkeling

10.00 – 12.00 WIB       = Balik ke pulau Sabesi..makan siang

12.00 – 13.00 WIB       = ishoma & packing

13.30 – 15.30 WIB       = kembali ke dermaga Canti

15.30 – 17.00 WIB       = dijemput angkot,lanjut ke Bakauheni

17.00 – 19.00 WIB       = perjalanan Bakauheni merak

19.00 – 21.00 WIB       = perjalanan pulang Merak – Jakarta

21.00 WIB                      = sampai di Jakarta *waktu bisa berubah….